Surabaya Sabet Penghargaan Inovasi Terbaik di Puncak Peringatan HIG 2017

By Admin

nusakini.com--Tak henti berkarya dan berinovasi, Pemerintah Kota Surabaya kembali menuai prestasi. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro menyerahkan Piagam Bhumandala Awards kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Surabaya, M. Taswin, Selasa (24/10).

Penghargaan tersebut diserahkan pada puncak peringatan Hari Informasi Geospasial (HIG) 2017 di Kantor badan Informasi Geospasial, Cibinong Bogor jawa Barat. 

Piagam Bhumandala Awards yang diberikan kepada pemerintah Kota Surabaya tersebut merupakan penghargaan inovasi pemanfaatan informasi geospasial tahun 2017 atas inovasi terbaik melalui aplikasi 112. Aplikasi 112 dinilai telah memberikan kemudahan pada masyarakat dalam menyampaikan laporan atau permasalahan lainnya, tanpa persyaratan dan tanpa biaya serta dapat ditangani secara cepat, tepat, efektif dan efisien. 

Peringatan HIG 2017 yang mengusung tema kemandirian Geospasial untuk kedaulatan bangsa dan negara ini jugas membawa pesan Presiden Jokowi-JK dalam program nawa cita mengenai program revolusi mental yang salah satunya adalah Indonesia Mandiri. Kemandirian geospasial mutlak diupayakan secara serius, dan menuntut kerja keras kita semua mengingat sangat luasnya NKRI dan besarnya sumber daya yang harus diinvestasikan jika tergantung pada negara lain. 

Amanah presiden tersebut memberikan pesan tersirat bahwa mengupayakan kemandirian geospasial melalui pengembangan inovasi tekhnologi merupakan tugas kita bersama dalam mewujudkaan kemandirian geospasial negara tanpa harus bergantung pada negara lain.(p/ab)